Sambut Hari Pendidikan Nasional Puluhan SD di Ciamis Ikut Lomba LTUB

41

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebanyak 36 Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) jenjang SD yang digelar oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diselenggarakan sejak awal bulan Maret 2017 lalu.

Pelaksanaan LTUB ini diwakili oleh satu SD dari setiap gugus se-Kecamatan Pamarican yang dipersiapkan untuk mengikuti dan mewakili ke tingkat kabupaten.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Pamarican, Wawan Noer Heryawan, S.Pd., M.Pd., Jumat (17/03), menerangkan bahwa kegiatan LTUB ini diselenggarakan dalam rangka memperingati dan menyambut Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017. Selain itu LTUB sendiri bisa menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan, etika, termasuk memiliki rasa nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang masih kurang hafal dalam membacakan Pancasila.

“Apalagi untuk penilaian sendiri salah satu diantaranya dalam pembacaan Pancasila yang dalam bacaan bukan seperti koran karena dilihat pula dari intonasinya,” tuturnya.

foto: baehaki efendi/wp

Sekolah yang mengikuti LTUB ini merupakan hasil seleksi dari tingkat gugus pada dua minggu sebelumnya. Tentunya, hasil tingkat Kecamatan Pamarican, ini akan dipersiapkan untuk ke tingkat kabupaten yang rencananya pada bulan April mendatang.

Slider

“Diharapkan dari Kecamatan Pamarican untuk LTUB ini ada yang meraih prestasi di tingkat kabupaten dan bisa menjadi wakil di tingkat provinsi bahkan nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pamarican, Wasingun, S.Pd., mengatakan, ajang perlombaan ini menjadi sebuah wahana pembentukan karakter anak, kedisiplinan dan kerja sama. Sehingga, para siswa dengan hal ini bisa lebih terbina dan termotivasi agar bisa lebih semangat terutama belajar lebih tertib.

“Kami merasa ini sebuah kebanggaan yang tidak bisa dinilai oleh materi dan ke depan bisa lebih terbentuk kembali karakternya,” katanya.

Di sekolah ini, para siswa bukan dicerdaskan otaknya, tetapi untuk dicerdaskan hatinya agar tercipta anak yang saleh dan disiplin.

Tidak hanya itu, berkaitan pula dengan LTUB, agar lebih meningkatkan etos kerja dan daya juang yang tinggi untuk mendapatkan perhatian yang lebih.

“Semoga perlombaan ini bisa berkelanjutan dan bisa meraih juara,” harapnya. (Baehaki Efendi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.