Beras Raskin Ciamis Tahun Ini Resmi Diluncurkan

50

www.wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebagai upaya untuk melakukan penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Ciamis, pemerintah daerah meluncurkan program subsidi beras sejahtera (Rastra) yang dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Rabu (15/03).

foto: ane wowling/wp

Peluncuran dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis, Pimpinan DPRD Kabupaten Ciamis, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, Staf Ahli Bupati dan Kepala Bagian di Lingkungan Setda Kabupaten Ciamis, Camat se-Kabupaten Ciamis, Tim Koordinasi Rastra Kabupaten Ciamis, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Ciamis beserta jajarannya.

Asda 2, Drs. H. Soekiman mengatakan jika pada tahun 2016 Kabupaten Ciamis memperoleh Pagu Raskin sebesar 94.387 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM). Dengan realisasi penyaluran sebesar 16.988.040/Kg atau setara dengan 100%. Sedangkan pada tahun 2017, Kabupaten Ciamis memperoleh Pagu Rastra sebesar 84.940 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang artinya turun sebanyak 9.438 KPM.

Slider

“Untuk itu kita patut bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali memberikan subsidi sebesar Rp. 1.000/Kg. Atas dukungan maksimal terhadap program Rastra,” ungkapnya.

Penyaluran subsidi Rastra ini juga dilakukan secara bertahap menjadi bantuan pangan non-tunai yang diberlakukan di beberapa kota. Selain itu Rastra ini juga merupakan salah satu implentasi dari program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial.

“Program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial tahun 2017 kali ini akan dilaksanakan melalui subsidi Rastra dengan jumlah penerima 84.940 KPM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan atau akses pangan masyarakat, khususnya masyarakat berpendapatan rendah,” ujar Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin.

Untuk itu ia juga meminta kepada Tim Koordinasi Rastra beserta jajarannya untuk meningkatkan ketetapan penyaluran subsidi Rastra. “Harus tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat administrasi,” pungkasnya. (Ane Wowiling/WP).

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.