Panen Raya Padi di Ciamis, Menteri Pertanian Beri Bantuan Traktor

0 45

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP hadiri panen raya padi Kelompok Tani Marga Mukti di Desa Kelapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, selain Menteri Pertanian turut hadir, Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Muhammad Herindra, MA., M.Sc, Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementrian Pertanian Republik Indonesia wilayah Jawa Barat, Ir. Banun Hartini, M.Sc., Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifien, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Ir Kustini, MP, Kepala Bulog, dan para tamu undangan lainnya.

foto: baehaki efendi/wp

Dari lahan seluas sekitar 5000 hektar yang dijadikan lahan persawahan, setidaknya hampir sebanyak 2000 hektar yang sudah selesai dipanen.

Bahkan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meminta kepada Bupati Ciamis untuk memperluas lahan persawahan di wilayah Kabupaten Ciamis, sehingga Kabupaten Ciamis, kedepan bisa menyiapkan komoditas ekspor beras lebih besar lagi.

foto: baehaki efendi/wp

“Saya memberanikan diri membuat kebijakan tidak ada lagi impor, ternyata Kabupaten Ciamis, dengan hasil dari sektor persawahan di daerah Lakbok ini, membuktikan bahwa kita mampu, kita punya pangsa pasar, tinggal kita tunjukkan dengan semangat kerja, kerja, kerja,” ujar Amran.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyempatkan diri berinteraksi dengan para PPL, Babinsa, petani, dan para kepala desa setempat dan mendengar keluhan-keluhan petani, akhirnya Menteri Pertanian menyatakan akan memberikan bantuan infrastruktur sebanyak 60 unit traktor, 5000 ton benih jagung dan 2 buah eskapator untuk pengerukan apur di wilayah tersebut.

Sementara Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifien, mengatakan bahwa perlu berbagai macam upaya dan kerja keras untuk meyakinkan Menteri Pertanian agar datang ke Kabupaten Ciamis, khususnya ke Kecamatan Lakbok.

foto: baehaki efendi/wp

“Kecamatan Lakbok merupakan salah satu daerah di Kabupaten Ciamis, yang dijadikan sebagai salah satu Lumbung Padi terbesar di Kabupaten Ciamis, karena penduduk di wilayah tersebut hidupnya banyak mengadalkan sektor pertanian terutama padi,” paparnya.

Iing menambahkan, dengan kemauan dan kerja keras yang besar kita bisa membuktikan bahwa kita bisa meningkatkan kualitas perekonomian, khususnya dibidang pertanian. “Dengan mengajak Menteri Pertanian berkunjung ke wilayah Kecamatan Lakbok, Alhamulilah para petani di wilayah tersebut khususnya Kabupaten Ciamis, mendapatkan banyak bantuan yang diberikan oleh Menteri Pertanian, seperti 60 unit traktor, 5000 ton benih jagung, dan 2 buah eskapator,” pungkas Iing. (Baehaki Efendi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.