BPJS Ciamis Keluhkan Tunggakan Iuran Peserta

22

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS.  Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Banjar, Drs. Wawan Nawawi, M.HP, MM, mengatakan, sebanyak 45% masyarakat Ciamis belum tercover BPJS Kesehatan dari jumlah penduduk yang ada.

“Peserta BPJS Kesehatan Mandiri Kabupaten Ciamis menunggak iuran sekitar Rp 20.465.780.826 milyar, dan itu berpengaruh terhadap keuangan BPJS,” terang Wawan.

Menurut Wawan, tunggakan iuran itu tehitung dari tahun 2014 sampai sekarang. “Banyaknya peserta yang menunggak mengakibatkan BPJS rentan mengalami kesulitan keuangan. Mengganggu cash-flow kami,” katanya.

Slider
kiri: Bupati Ciamis, H. Iings Syam Arifin, kanan: Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Banjar, Drs. Wawan Nawawi, M.HP, MM. (foto: dena a. kurnia/wp)

Untuk mengatasi itu, BPJS Ciamis Cabang Banjar akan gencar menarik peserta dengan merekrut 10 kader JKN yang nantinya bertugas menagih tunggakan iuran BPJS mandiri dan perekrutan kepesertaan.

“Selain untuk percepatan cakupan kepesertaan, BPJS juga akan mendekatkan akses pendaftaran melalui datang langsung ke kecamatan atau desa dengan jadwal yang akan diberitahukan kemudian. Tentu bekerjasama dengan petugas kecamaran atay desa,” terang Wawan.

“BPJS Juga akan bekerjasama dengan Dinas Sosial dengan TKSK diharapakan bisa bergabung,” pungkasnya. (Dena A Kurnia/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.