BPBD Ciamis Menyalurkan Bantuan Dana Stimulan bagi Korban Bencana Alam

0 37

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jumat (10/03), menyalurkan bantuan dana stimulan atau bantuan kepada korban bencana alam yang melanda Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Banjarsari, beberapa waktu yang lalu.

Informasi ini diperoleh dari  Kasi Rehabilitasi BPBD Kabupaten Ciamis Giyatno, S.IP, M.Si., pada saat pembagian bantuan dana stimulan di Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifien kepada para camat di wilayah Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Banjarsari, untuk selanjutnya diserahkan kepada warga yang terkena musibah angin puting beliung di 4 Kecamatan tersebut.

foto: baehaki efendi/wp

Menurutnya, pasca kejadian musibah bencana alam yang melanda wilayah Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Purwadadi, dan Kecamatan Banjarsari, pada tahun 2016 lalu, warga sudah banyak yang memperbaiki sendiri rumahnya yang rusak menggunakan dana pribadi.

“Ada 221 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Banjarsari, yang menerima bantuan stimulan tersebut,” katanya.

Sementara itu, dikatakan bahwa besaran dana bantuan yang diterima oleh warga jumlahnya bervariatif disesuaikan dengan kerusakan rumah warga.

“Kita sudah terlebih dahulu mendata kerusakan rumah warga. Dana yang diterima oleh warga korban musibah bencana alam tersebut, mulai dari yang paling kecil sebesar Rp 1.000.000,- hingga kerusakan yang paling parah sebesar Rp 3.500.000,” terangnya.

foto: baehaki efendi/wp

Giyatno, juga memohon maaf kepada warga atas keterlambatan penyaluran bantuan tersebut. Keterlambatan bantuan itu, terjadi karena proses pengurusan di Pemerintah Kabupaten Ciamis yang harus memenuhi prosedur.

“Bantuan ini dicairkan mulai hari Jumat ini, karena proses pencairan yang memakan waktu lama, terpaksa kami membagikannya hari ini. Kemudian, proses evakuasi dan pendataan terhadap korban bencana alam yang melanda di wilayah Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Purwadadi, dan Kecamatan Banjarsari baru selesai beberapa waktu lalu. Sehingga  bantuan ini sempat juga tertunda dan baru dapat dibagikan hari ini,” jelasnya. (Baehaki Efendi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.