Jalan Alternatif di Tasik Amblas

0 12

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Hujan deras yang terjadi sepanjang Rabu sore hingga Kamis dini hari menyebabkan jalan amblas sedalam 9 meter di Jalan Cikalapa, Kecamatan Mangunreja Tasikmalaya, Jawa Barat. Panjang jalan yang amblas mencapai 6 meter dengan lebar hampir 3 meter lebih.

Selain memutus akses menuju tempat pembuangan akhir sampah, amblasnya jalan juga memutus jalur alternatif penghubung tiga Kecamatan Mangunreja, Puspahiang serta Salawu. Kendaraan pengangkut sampah serta kendaraan roda empat praktis tidak bisa melalui jalan tersebut.

“Jalan ini fokusnya menuju ketempat pembuangan sampah, proses pembuangan sampah terhambat karena kejadian tersebut. Kalau tidak melalui jalan ini jauh muternya, bisa sampai tujuh kilo lebih,” ujar Anton, salah satu warga di tempat kejadian.

Penggunan jalan terpaksa menantang bahaya dengan melintasi jembatan darurat yang terbuat dari bambu dan kayu.

Tidak hanya memutus akses jalan, material longsoran jalan amblas juga merusak 2 hektar lahan sawah warga didekatnya. Batu serta tanah menutupi lahan pertanian yang siap panen.

Sejumlah warga berusaha memperbaiki saluran irigasi pertanian yang tertimbun longsor. Ketiadaan alat membuat proses evakuasi menggunakan peralatan seadanya. (Andri/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.