Tebing Longsor Tutup Jalan Desa di Ciamis

0 12

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis sejak Selasa (07/03), hingga Rabu (08/03) dini hari, menyebabkan tebing di perbukitan Desa Sidamulih longsor.

“Rencananya pemerintah desa setempat dibatu warga sekitar akan bergotong royong menyingkirkan timbunan tanah yang menutup akses jalan desa tersebut,” kata Kardiman, salah seorang staf Desa Sidamulih, Rabu (08/03).

Kardiman menjelaskan, peristiwa tebing longsor akibat hujan deras yang mengguyur desa itu sejak Selasa (07/03), hingga Rabu (08/03) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB.

foto: baehaki efendi/wp

Tebing yang longsor itu sepanjang 7 meter dengan ketinggian 5 meter. Akibatnya jalan penghubung desa terputus.

“Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya akses jalan penghubung desa terputus,” terang Kardiman

Terpisah, Kepala Desa Sidamulih, Tati Karyati, S.Pd.SD., menambahkan akibat tebing longsor tersebut akses perekonominan warga menjadi terganggu, pasalnya hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas di jalan tersebut.

foto: baehaki efendi/wp

Rencananya warga masyarakat akan bergotong royong melakukan pembersihan material longsor dengan alat seadanya. Bila secara manual tidak bisa diselesaikan, kami sangat berharap bantuan dinas intansi terkait untuk menurunkan alat berat ke lokasi tersebut. Sehingga akses perekonomian dan pendidikan warga bisa berjalan normal kembali seperti sediakala.

Lokasi kejadian di Dusun Legokmenol, RT 21 RW 06, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. (Baehaki Efendi/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.