Karang Taruna di Ciamis Ini Semangat Belajar Mengelola Sampah

0 32

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Remaja desa yang tergabung dalam Karang Taruna “Generasi” Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, patut diajungi jempol. Remaja yang rata-rata lulusan sarjana tersebut tidak canggung berkutat dengan sampah demi menjaga lingkungan.

foto: baehaki efendi/wp

Ketua Karang Taruna “Generasi”, Yayan Riyana, S.Pd., Senin (06/03), mengatakan, menjaga lingkungan agar bersih merupakan tanggung jawab bersama, termasuk remaja.

“Lingkungan harus kita jaga. Dengan kreatifitas sampah justru bisa menghasilkan uang dan lingkungan juga bersih,” kata Yayan

Yayan juga mengatakan, aparatur pemerintah setempat juga memberikan suport terhadap rencana kegiatan yang digagas anggota Karang Taruna tersebut. “Kita mendapat suport yang besar dari kepala desa, Para Ketua RT dan RW, dan kita juga rencananya akan bekerjasama dengan ibu-ibu PKK,” tambah Yayan.

foto: baehaki efendi/wp

Terpisah, Ketua KWT (Kelompok Wanita Tani) Pojok Subur, Lilis Ai, yang juga pendiri Bank Sampah Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) yang berlokasi di Desa Kujangsari, Kecamatan Langgensari, Kota Banjar, tempat anggota Karang Taruna “Generasi” Desa Sukahurip, belajar memilah sampah memberikan apresiasi kepada remaja tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada para remaja yang peduli kepada lingkungan seperti anggota Karang Taruna ini. Saya sendiri sebagai Ketua KWT selalu menanamkan kepada warga di Desa Kujangsari untuk peduli kepada lingkungan, sehingga Desa Kujangsari menjadi lebih sehat, bersih, dan indah bila dipandang. Dimana untuk mencapai status tersebut membutuhkan perjuangan panjang dan berat,” katanya.

foto: baehaki efendi/wp

Karang Taruna “Generasi” Desa Sukahurip, selain belajar memilah sampah di KWT Pojok Subur, mereka juga belajar mengenai cara pembibitan tanaman, sayuran, perikanan, peternakan, dan Pengembangan Rumah Pangan Lestari. Dengan tujuan supaya bisa dikembangkan di wilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis kedepannya. (Baehaki Efendi).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.