Selama 2016, Pembangunan Jalan di Kabupaten Ciamis Meningkat

0 36

wartapriangan.com BERITA CIAMIS. Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD Tahun 2018. Kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk memberikan informasi berupa Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Tahun 2018 guna menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang di wilayah Kabupaten Ciamis.

Acara yang digelar Selasa (7/3) ini mengambil tema “Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan dasar dalam Rangka mendorong Kemandirian masyarakat Kabupaten Ciamis”.

Acara Musrembang dihadiri Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, Wakil Bupati, Oih Burhanudin, Sekertaris Daerah, A Herdiat, Anggota DPRD Provinsi, Ketua Bapeda Forkopimda Ketua dan Anggota DPRD Ciamis, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar, Para Kepala Dinas, BUMD, BUMN, LSM, Ormas, Organisasi Kepemudaan.

foto: dena a. kurnia/wp

Dalam sambutanya, Bupati Ciamis menjelaskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis tahun 2018 merupakan perencanaan pembangunan sebagai penjabaran tahun ke empat dari RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2014-2019 sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis no 13 tahun 2014.

Menurut Iing, sampai dengan tahun 2016 pembangunan di Ciamis telah banyak mengalami kemajuan di berbagai bidang, walaupun masih banyak persoalan-persoalan pembangunan daerah yang masih perlu mendapat perhatian.

foto: dena a. kurnia/wp

Masih dalam pidato Iing, sebagai akselrasi program penaggulangan kemiskinan dengan diluncurkanya Kartu Waluya, Walagri dan Calakan pada tahun 2016 telah direalisasikan anggaran sebesar Rp 27,275 milyar yang dialokasikan untuk penanggulangan Siswa Drop out (DO), rawan DO, jaminan kesehatan masyarakat, subsidi raskin, rumah tidak layak huni (Rutilahu), penyambungan listrik bagi masyarakat miskin.

Kemantapan jalan Kabupaten tahun 2016 mencapai 66,5% mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 yang mencapai 63,09%. “Semua tak lepas dari dukungan alokasi anggaran infrastruktur jalan dan jembatan, peningkatan jalan hotmix sepanjang 150,379 km, lapen rigid 195,98 km sampai akhir tahun 2016,” ungkapnya.

“Selain itu banyak penghargaan yang diraih pemerintah Kabupaten Ciamis. Adipura, Adiwijaya, Kalpataru, Program Iklim, Opini WTP atas laporan keuangan, Wahana Tata Nugraha, Anugrah Raksa dana, BP3K Berprestasi,” terang Iing. (Dena A Kurnia/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.