Bisnis Kolam Pemancingan di Ciamis Sangat Menjanjikan

0 47

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Usaha kolam pancingan adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Bintang Nur Alam (31), salah satu pengusaha kolam pemancingan di Dusun Ciparakan, RT 04 RW 02, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mampu menambah pemasukan keluarganya dari usaha itu.

Bintang mendapatkan ke­un­tungan dari biaya masuk pe­mancing. Sistemnya, pe­man­cing membayar Rp 35.000,- untuk satu kilogram ikan mas. Dalam sehari, rata-rata 10 pemancing yang datang ke sana. Kalau hari libur atau akhir pekan, lebih dari 20 pemancing memuaskan hobi di sana.

Bila dihitung, jika rata-rata 10 pemancing dalam sehari, Bintang mendapatkan Rp 350.000,-.

foto: baehaki efendi/wp

“Kolam pemancingan ini biasanya ramai mulai sore sampai malam hari. Kalau hari Sabtu dan Minggu, kolam ini ramai sejak pagi sampai malam karena pada hari Minggu adalah waktu libur,” ujar Bintang saat ditemui di Kolam Pancing Ikan Mas/Ikan Kancra “BINTANG”, Sabtu (04/03). Rata-rata ikan yang terdapat di kolam itu adalah Ikan Mas/Ikan Kancra.

Bintang menceritakan, se­be­lum menjadi kolam pe­mancingan, kolam tersebut dulunya adalah tempat pembesaran ikan. Ikan yang dibesarkan di sana biasanya ia konsumsi dan dijual kepada bandar. Setelah melihat banyaknya usaha pemancingan banyak yang berhasil, Bintang merubah kolam miliknya menjadi kolam pemancingan yang disewakan kepada ma­syarakat yang hobi memancing.

“Alasan saya mengalihfungsikan kolam ini karena mengurus kolam pe­man­cingan tidak serepot seperti me­ngurus kolam ikan yang lain. Saya tidak terlalu sibuk mengurusnya karena saya punya ke­sibukan lain sebagai pedagang, dan sewaktu-waktu saya pergi berlayar,” ungkap Bintang.

foto: baehaki efendi/wp

Meski Bintang adalah seorang pelaut dan pedagang yang setiap bulan menerima gaji besar, namun Bintang te­tap me­nyalurkan jiwa wi­ra­usahanya sebagai tambahan pemasukan bagi keluarganya.

Menurut Bintang, kolam pe­mancingan itu tak mem­be­ratkan biaya bagi pe­man­cing. Jika pemancing tidak ingin membawa pulang ikan yang berhasil dipancingnya, pe­mancing bisa menjual kem­bali ikan tersebut kepada Bintang. Akan tetapi harga tersebut tidak sama dengan harga ikan yang dijual ke pemancing. Bintang membeli ikan dari pe­mancingnya de­ngan harga separo harga asal.

Kolam pemancingan milik Bintang ini, juga lokasinya cukup strategis, tepatnya di pinggir jalan raya Kertahayu–Pamarican. Lokasi ini merupakan salah satu alasannya membuka kolam pemancingan di kawasan ini, karena akses yang dekat de­ngan jalan yang biasa dilalui masyarakat dan mudahnya akses air. (Baehaki Efendi/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.