Duh! Jaringan Internet Hambat Pelaksanaan Simulasi UNBK di Ciamis

0 26

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Menjelang Ujian Nasional 2017, sebanyak 113 sekolah melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebelum hari pelaksanaan.

Dari pantauan Warta Priangan selama dua hari, sekolah melaksanakan simulasi UNBK yang dilaksanakan di sekolah masing-masing dan ada juga sekolah yang menumpang di sekolah lain.

Dari 113 Sekolah Menengah Pertama (SMP), peserta UNBK di Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis adalah 12.552 siswa dan sudah terdaftar di Dinas Pendidikan Pusat.

foto: dede hermawan/wp

Namun selama simulasi ujian dilaksanakan, terjadi beberapa kendala terutama dalam jaringan internet. “Ini baru percobaan dan baru dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah kami. Tetapi pas mencoba ada kendala terutama jaringan internet. Ketika mau login ke aplikasi susah, setelah bisa masuk jaringannya malah loading. Padahal kami pakai server kecepatan 50 MB/detik,” terang Kepala Sekolah SMPN 1 Cipaku Kabupaten Ciamis.

Hal serupa diungakapkan oleh Operator SMPN 1 Jatinagara, Ading Hudaya, server jaringan internet selalu loading. “Lemot jaringan internetnya, siswa ga bisa cepat mengerjakan soal-soal ujiannya,” tambahnya.

foto: dede hermawan/wp

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Tedy Ardisah Supenajaya, S.Pd membenarkan, selepas sekolah melaksanakan simulasi UNBK selama dua hari terjadi kendala terutama di jaringan internet. “Semua sekolah terkendala dengan jaringan internet,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wawan Arifien berharap, penyelengaaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan dengan lancar, semua harus bekerjasama dengan kompak. ” Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingakat SMP di Kabupaten Ciamis baru dilaksanakan tahun ini. Untuk itu kami meminta kerjasama terutama kepada pihak PLN dan Telkom untuk bisa berkomitmen pada saat waktu ujian nanti.  Jangan sampai ujian terhambat atau terganggu,” tegasnya. (Dede Hermawan/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.