Wiranto: Pemberhentian Kerja Sama Militer dengan Australia Bersifat Sementara

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, pemberhentian kerjasama militer dengan Angkatan Bersenjata Australia tidak menyeluruh dan bersifat sementara. Kerjasama akan dilanjutkan setelah Australia melakukan langkah-langkah penyelesaian dari kasus yang terjadi.

 Menko Polhukam Wiranto/ARIE C. MELIALA/PR

Menko Polhukam Wiranto/ARIE C. MELIALA/PR

Dia mengatakan, pemberhentian kerjasama militer tersebut tidak akan mengganggu hubungan bilateral Indonesia-Australia yang telah terjalin selama ini. “Dengan penjelasan ini, diharapkan tidak ada pemberitaan-pemberitaan di luar konteks yang justru membingungkan masyarakat dan mengganggu hubungan bilateral kedua negara,” katanya dalam siaran pers, Kamis, 5 Desember 2017.

Dia menambahkan, pemberhentian kerjasama bermula dari langkah-langkah yang dilakukan oleh Panglima TNI. Kerjasama yang dihentikan itu adalah program pelatihan bahasa di satuan khusus Australia. Pasalnya, kata dia, terjadi kasus yang menyinggung kehormatan bangsa pada November 2016 lalu.

Adapun Australia telah menyampaikan permintaan maaf terkait permasalahan tersebut. Australia berjanji melakukan penelusuran mendalam terhadap dugaan adanya materi pelatihan yang menghina militer Indonesia, di pangkalan militer Australia, Campbell Barracks.

“Saya telah mendapatkan laporan dari Menhan, Menlu, dan Panglima TNI, tentang permasalahan ini,” ujarnya.

Sumber : Pikiran Rakyat

(Total pembaca 30, pembaca hari ini 1)
loading...

About Senny Apriani

Baca Juga

Mau Setahun Gratis Masuk ke Dunia Fantasi? Ini Caranya..

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Bila ingin liburan ke Taman Impian Jaya Ancol khususnya ke Dunia Fantasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!