Ratusan Lansia di Ciamis Dioperasi Massal

0 12

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebanyak 150 lansia di Kabupaten Ciamis mendapatkan pelayanan operasi katarak secara cuma-cuma, Kamis (31/03) di Puskesmas Cijeunjing, Kabupaten Ciamis.

Dijelaskan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, dr. Andi, kegiatan operasi katarak secara gratis sudah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis sejak tahun 2010.

“Dalam lima tahun terakhir Dinkes telah melakukan operasi katarak secara massal dan gratis terhadap 580 penderita katarak,” jelas dr. Andi saat memberikan sambutannya.

Ia mengaku, setiap kali program tersebut diselenggarakan peminatnya selalu membludak. Namun setelah melalui proses screening rata-rata hanya 80% yang dapat menjalani operasi dari total keseluruhan yang mendaftar operasi. Alasannya karena pasien mempunyai penyakit diabetes dan lain-lain yang dapat menghambat penderita untuk dioperasi.

“Namun, pasien yang tidak dapat melakukan operasi itu dapat kembali daftar setelah penyakitnya itu sembuh,” tutur dia.

Ia menilai, program operasi katarak massal secara gratis yang dilaksanakan Dinkes Kabupaten Ciamis dapat mendongkrak derajat kesehatan masyarakat kurang mampu, sebab katarak dapat mengakibatkan kebutaan.

“Secara rinci dijelaskan, 1-2% kebutaan diakibatkan penyakit mata, sementara 20-30% penyakit mata yang diderita masyarakat adalah katarak, dan 30% penyakit katarak dapat mengakibatkan kebutaan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tadi pagi, Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, juga ikut memantau jalannya operasi katarak gratis di Puskesmas Cijeunjing.

Menurut Oih, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis akan terus menerus mengurangi jumlah penderita katarak.

“Sebab katarak dapat mengakibatkan kebutaan yang dapat mempersempit kerja seseorang. Dan untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat Ciamis, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis berupaya untuk mengurangi jumlah penderita katarak,” tutupnya. (Dena A. Kurnia/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.