Bupati: Kebutuhan Tenaga Kesehatan Ciamis Semakin Banyak

22

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifien berharap Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis dapat memberikan sumbangsih sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk mengisi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis.

“Nanti, RSUD Ciamis akan menambah ruangan VIV, dan ruangan lainnya. Itu akan sangat membutuhkan tenaga kesehatan. Saya berharap yang bekerja jadi perawatnya itu asli orang Ciamis ini, lulusan Muhammadiyah Ciamis,” kata H. Iing, dalam pidato sambutan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (30/03).

Selain dari penambahan ruangan di RSUD Ciamis, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis juga akan banyak menambah Puskesmas Rawat inap di setiap kecamatan. Menurut H. Iing, dengan bertambahnya puskesmas Rawat Inap maka SDM yang dibutuhkan akan semakin banyak.

“Kami yakin, lulusan STIKes Muhammadiyah Ciamis ini mampu bersaing dengan mahasiswa lain, perguruan tinggi lain. Tapi mereka mau ngga mengabdi di daerahnya di sini,” ujarnya.

Diungkapkan dia, salah satu permasalahan kesehatan di Kabupaten Ciamis saat ini adalah kualitas SDM yang kurang mumpuni. “Sampai hari ini, kesehatan di Ciamis selalu terkendala dengan SDM-nya,” tuturnya.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien saat berpidato di acara Peletakan Batu Pertama di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (30/03). (foto: rizal nurdiana/wp)
Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien saat berpidato di acara Peletakan Batu Pertama di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (30/03). (foto: rizal nurdiana/wp)
Slider

Dia berharap, program pendidikan STIKes Muhammadiyah dapat bersinergi dengan harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Supaya dapat memberikan sumbangsih SDM yang baik untuk tenaga kesehatan di Kabuapten Ciamis.

“Pemerintah Daerah berharap STIKes ini memberikan sumbangsih dalam memberikan SDM yang baik. Programnya dapat bersinergi dan saling menunjang dengan Pemerintah Daerah,” kata dia.

Dikatakan Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, H. Dedi Supriadi, M.Kes., pendidikan di sekolah yang dipimpinnya itu selalu dilakukan upaya peningkatan kualitas di setiap tahunnya. Supaya lulusan mahasiswa dapat sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.

“Selain itu juga, supaya nanti para alumnus dapat diserap oleh masyarakat secara luas,” imbuhnya.

Salah satu upaya STIKes Muhammadiyah Ciamis meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswanya adalah dengan mengadakan kerjasama dengan universitas yang ada di luar negeri.

“STIKes Muhammadiyah telah bekerjasama dengan negara Malaysia, untuk saat ini kita sudah melakukan MoU dengan pihak Malaysia. Ada program beasiswa ke luar negeri juga yang sudah diberikan pihak Kopertis Wilayah IV Jawa Barat,” pungkasnya. (Rizal Nurdiana/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.