Geger! Warga Temukan Macan Tutul Gunung Sawal Terjerat Jaring

42

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Warga Dusun Balandongan RT 05 RW 02, Desa Mandalare, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis menemukan seekor Macan Tutul yang terjaring di dekat kandang ayam, Rabu (30/03).

Warga setempat, Ujang Usman (60), menjelaskan, macan tutul itu ditemukan istrinya sekira pukul 03.00 WIB. Pada waktu itu, istrinya mendengar suara ngauman keras di belakang rumahnya. Ketika dilihat, ternyata ia mendapati seekor macan tutul dengan panjang 80 sentimeter.

“Macan tutul itu sedang memakan ayam. Pas melihat istri saya macan itu langsung kabur dan terjerat oleh ranjau jaring nilon yang terpasang,” katanya.

Ujang menceritakan, dua hari sebelumnya dia dan warga sekitar selalu kehilangan ayam. Karena kesal, dia memasang ranjau jaring nilon dekat kandang ayamnya.

“Saya mengira, yang makan ayam kami itu adalah anjing atau musang. Ternyata seekor macan tutul,” tutur dia.

Slider
Warga Panjalu menangkap macan tutul, Rabu (30/03). foto: ist.
Warga Panjalu menangkap macan tutul, Rabu (30/03). foto: ist.

Mengetahui ada seekor macan tutul yang terjaring, warga sekitar kaki Gunung Syawal itu langsung berdatangan ke tempat macan itu terjerat. Namun warga tidak ada yang berani menangkap langsung macan tutul tersebut.

“Akhirnya sekitar pukul 12.00 WIB., macan tutul itu dapat dilumpuhkan dengan obat bius dari Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis,” jelas Ujang.

Macan tutul itu mempunyai berat 30 kilogram dengan panjang 80 sentimeter, tinggi 70 sentimeter, dan berumur 2,5 tahun.

Kini, penghuni Suaka Margasatwa Gunung Sawal itu dibawa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kantor Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya. (Dena A. Kurnia/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.