Bupati: Anggaran Ciamis Masih Bergantung ke Pusat

0 25

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebagian besar anggaran untuk pembangunan pada tahun 2015 di Kabupaten Ciamis masih menggunakan dana yang bersumber dari penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Dana Perimbangan.

Itu berarti, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Ciamis memberikan kontribusi yang kecil pada pelaksanaan pembangunan. Dan Kabupaten Ciamis masih tergantung pada Pemerintah Pusat.

“Dana perimbangan untuk Kabupaten Ciamis mencapai 58,55%. Sedangkan PAD memberikan kontribusi terkecil yaitu sebesar 7,86%,” kata Bupati Ciamis saat membacakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tahun 2015, Senin (28/03) pagi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien pada saat membacakan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) anggaran tahun 2015, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (28/03).
Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien pada saat membacakan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) anggaran tahun 2015, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (28/03).

Diungkapkannya, target pendapatan Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2015 sebesar Rp2,347 triliun. Hanya dapat direalisasikan sebesar Rp2,292 triliun. Sokongan keuangan Pemerintah Pusat untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis masih sangat besar.

“Bagaimanapun ini harus menjadi perhatian kita. Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis akan terus berupaya meningkatkan kapasitas keuangan daerah,” ucap H. Iing.

Dijelaskannya, usaha yang akan dilakukan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan PAD di antaranya, meningkatkan pelayanan, pemberian sanksi dan sosialisasi penyadaran kepada masyarakat, penyempurnaan sistem maupun peningkatan sumber daya manusia, dan akurasi data yang optimal.

“Serta intensifikasi dan ekstensifikasi jenis sumber pendapatan asli daerah yang optimal,” tutur dia. (Rizal Nurdiana/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.