Yuk Kunjungi… Air Terjun di Ciamis Ini Masih ‘Perawan’

0 50

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Kabupaten Ciamis menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa. Salah satu yang belum diketahui publik adalah Air Terjun Gunung Geger Bentang. Berada di Dusun Ciparakan, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Butuh usaha keras untuk menempuh air terjun tersebut. Jalan setapak sejauh tiga kilometer harus ditempuh dengan berjalan kaki. Perjalanan lintas alamnya sangat menantang. Pengunjung harus melewati jalan bebatuan dan lembah-lembah. Setelah itu, baru kita bisa menikmati panorama air terjun di Gunung Geger Bentang tersebut.

Karena sulitnya menempuh air terjun itu, sehingga banyak yang menyayangkan jika wisata air terjun Gunung Geger Bentang tidak tergarap dengan baik. Salah satunya wisatawan yang sering mengunjungi Air Terjun Gunung Gugur Bentang adalah Imar, asal Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Menurut dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis kurang melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi wisata Air Terjun Gunung Geger Bentang.

Wisatawan yang berada di bawah Air Terjun Gugur Bentang, Minggu (27/03). (foto: baehaki/wp)
Wisatawan yang berada di bawah Air Terjun Gugur Bentang, Minggu (27/03). (foto: baehaki/wp)

“Jangankan berharap ada fasilitas seperti gondola atau kereta gantung untuk naik ke atas. Event lomba, seperti treking atau sebagainya minimal sekali setahun kalau bisa diadakan, selama ini nggak ada. Paling kegiatan di sini cuma para pencinta alam dan kegiatan pramuka,” ujarnya pada Warta Priangan, Minggu (27/03), di lokasi Air Terjun Geger Bentang.

Air Terjun Gunung Geger Bentang mempunyai tinggi sekitar 10 meter. Hembusan airnya sangat terasa sejuk. Airnya yang jernih di bawah biasa digunakan warga untuk cuci muka bahkan mandi sambil merasakan kesejukan alam.

Yayan Riyana, Ketua Karang Taruna Generasi Desa Sukahurip mengatakan, tidak dianjurkan untuk berkunjung ke lokasi air terjun tersebut hanya seorang diri. Sebab medan yang harus ditempuh sangat berat. “Idealnya dilakukan oleh lelaki dewasa, kalau pun wanita, butuh stamina bagus,” tutur Yayan.

Yayan menambahkan, warga desa sekitar Gunung Geger Bentang berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis bisa membangun wisata Air Terjun Gunung Geger Bentang dengan terarah, efektif dan kreatif.

“Gunung ini merupakan salah satu ikon penting dari Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Baehaki/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.