Ini Cara Cucu Bung Karno Sejahterakan Petani Ciamis

0 12

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puti Guntur Soekarno, menyambangi Desa Margaluyu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Sabtu (26/03).

Anak pertama dari Guntur Soekarno itu datang ke Tatar Galuh ini untuk bertemu dengan Komunitas Petani Puspa Seruni. Dalam rangka resesnya itu, Puti bertujuan untuk melaksanakan program Mari Sejahterakan Petani (MSP). Dijelaskannya, MSP merupakan program yang difokuskan untuk para petani agar percaya diri menggunakan bibit lokal.

“PDIP selama ini  telah mengembangkan bibit lokal berkualitas yang dilaksanakan dalam program MSP. Di mana setiap kader partai yang berprofesi petani harus berpartisipasi. Ini pun difokuskan supaya para petani percaya diri menggunakan bibit lokal,” ujar Puti.

Puti mengungkapkan, beberapa kelompok petani yang berada di Kabupaten Ciamis sudah mulai menggunakan bibit lokal. Dan hasilnya pun melebihi pendapatan rata-rata.

Puti Guntur Soekarno (tengah) dan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Yogi (kiri) pada saat menemui petani Desa Margaluyu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Sabtu (26/03). (foto: rizal nurdiana/wp)
Puti Guntur Soekarno (tengah) dan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Yogi (kiri) pada saat menemui petani Desa Margaluyu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Sabtu (26/03). (foto: rizal nurdiana/wp)

“Pada kenyataannya hasil panen kali ini petani mendapatkan keuntungan di atas rata-rata dibandingkan bibit lain. Seperti di petani Cijeungjing, Kabupaten Ciamis yang telah mampu meningkatkan produksinya sejumlah 3 kwintal,” beber dia.

Baginya, MSP merupakan temuan baru yang harus dilakukan oleh petani lain di Kabupaten Ciamis. Maka dari itu, supaya programnya dilaksanakan dengan baik, Puti akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat yang berprofesi petani.

“Ini adalah temuan, akan terus disosialisasikan kepada masyarakat petani lainnya agar mau bergabung dalam komunitas MSP Puspa Seruni. Agar hasil yang maksimal dalam bidang pertanian dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ucap Puti.

Puti juga menyatakan, bidang pertanian merupakan soko guru perekonomian masyarakat Indonesia. “Oleh sebab itu keberpihakan terhadap bidang pertanian harus diwujudkan secara nyata,” pungkasnya. (Rizal Nurdiana/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.