Belasan Hektar Tanaman Padi di Ciamis Membusuk

19

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Beberapa hari ini hujan dengan intensitas tinggi mengguyur beberapa kawasan di Kabupaten Ciamis. Akibatnya, belasan hektare sawah yang berada di wilayah Desa Sukaraja Kecamatan Sindangkasih terendam air hujan, Selasa (22/03).

Alhasil, tanaman padi milik para petani Desa Sukaraja itu mengalami pembusukan. Petani pun menderita kerugian akibat gagal panen.

“Akhirnya kami harus memanen padi  lebih awal dari biasanya, karena kalau dibiarkan akan membusuk. Masa panen seharusnya pada bulan depan, April,” ujar salah satu petani Desa Sukaraja, Enok (56), pada Warta Priangan.

Enok mempunyai  lahan 1 hektare sawah. Biasanya, dari lahan yang ia punya ia memperoleh 5 sampai 6 ton gabah dari hasil panennya.

Slider

“Sekarang hanya dapat 3 ton, itu pun ada yang sudah membusuk sebagian,” tutur Enok.

Padi di Desa Sukaraja yang mengalami kerusakan. (foto: andik/prssni)
Padi di Desa Sukaraja yang mengalami kerusakan. (foto: andik/prssni)

Selain membusuk karena terendam, tanaman padi di Desa Sukaraja itu pun rusak oleh angin. Petani lain, Ending (50), juga mengalami kegagalan panen seperti Enok. Ia sudah melaporkan peristiwa tersebut pada pemerintah setempat.

“Saya sudah laporkan ke Pemerintah Desa supaya minta perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis,” tukasnya. (Rizal Nurdiana/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.