Dikritik Dinas Pendidikan, Ini Komentar Manajemen RSUD Garut

0 8

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Atas kesalahan soal dalam PPUS yang mendiskriditkan RSUD Garut, pihak RSUD Garut melalui Humasnya, H. Lingga Saputra mengatakan, hingga kini pihak rumah sakit belum dapat bersikap. Apakah akan melakukan somasi atau mengambil tindakan lain. Hal tersebut belum dilakukan mengingat Direktur RSUD Dr. Slamet Garut sedang tugas luar.

Lingga menyebutkan, memang telah kedatangan dua orang pejabat dari Dinas Pendidikan. Kedua pejabat tadi hanya memberikan surat untuk direktur. Kalau tidak salah namanya Pak Yusup dari Dikdas. Dia memberikan surat untuk direktur tapi isi suratnya belum tahu.” katanya.

Bahkan, Lingga juga menyarankan kepada awak media, agar menanyakan langsung hal ini ke direktur rumah sakit.

Menurut Lingga, kasus tersebut awalnya diketahui oleh salah seorang anak karyawan RSUD yang sekolah di sekolah dasar. Anak tersebut kepada ibunya menanyakan tentang pelayanan RSUD Garut yang jelek.Jelas pertanyaan anak tersebut membuat ibunya kaget, lalu sang ibu menanyakan kepada anaknya dari mana anaknya tahu tentang pelayanan RSUD Garut jelek.

Lalu si anak yang masih polos itu pun memberitahukanya, bahwa hal tersebut terdapat dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Dari situlah mulai ramai diperbincangkan oleh karyawan rumah sakit dan masyarakat,” kata Lingga.

Sementara itu, sejumlah pegawai RSUD Dr. Slamet Garut menilai, ada kesengajaan dalam membuat soal tersebut. Karena soal itu tidak pantas bahkan akan mengundang reaksi dari semua pihak. Maka menurut mereka, wajar saja kalau guru dan pengawasnya mendapatkan sanksi bahkan harus ditindak tegas.

Adapun soal bahasa Indonesia yang dipermasalahkan itu adalah soal nomor 31 dari 50 pertanyaan pilihan, isinya sebagai berikut:

“Pasein yang berobat dan dirawat inap di RSUD Dr. Slamet Garut tidak dilayani dengan ramah. Dokter yang seharusnya rutin memeriksa kondisi pasein sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasen tidak berwajah ramah.Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasen yang berpindah ke rumah sakit lain………..Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah……
A). RSUD Dr. Slamet harus segera menambah fasilitas dan peralatan medis.
B). Para dokter dan suster di RSUD Dr. Slamet perlu segera diganti.
C). Tambahkan fasilitas dan Tingkatkan Pelayanan di RSUD Dr. Slamet
D). Turunkan biaya perawatan agar pasein tidak pindah ke rumah sakit lain.

Adanya kabar sumbing tersebut nampaknya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Bahkan di kalangan media muncul rumor, adanya salah seorang pejabat Disdik diminta sejumlah uang oleh salah seorang  yang mengatas namakan suruhan seorang anggota DPRD Garut.

Permintaan itu ditujukan kepada Kasie Sekolah Dasar Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Garut, Yusup, S.Pd. Namun sayang sekali, sejak munculnya kasus ini, Yusup sulit dihubungi. (Yayat Ruhiyat/WP)

Baca juga:

RSUD Garut Dikritik Pedas Dinas Pendidikan

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.