Bupati: Ciamis Kekurangan Personil Pemadam Kebakaran

1 32

wartapriangan.com, BERITA CIAMISPemadam kebakaran (Damkar) memiliki peran strategis dalam melakukan pencegahan, penegendalian, pemadaman kebakaran, penyelamatan benda dan jiwa. Namun, personil Damkar Kabupaten Ciamis masih kurang jika harus menjaga daerah Tatar Galuh yang cukup luas ini.

Hal itu dikatakan sendiri oleh Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifien, dalam peringatan HUT Damkar ke-97 di Lapangan Lokasana Ciamis, Selasa (22/03) pagi.

“Untuk damkar kekurangan personil, kekurangan peralatan, tapi kita sedang berupaya baik penambahan personil, maupun berusaha untuk pengadaan alatnya,” ujar H. Iing.

Dikatakannya, Kabupaten Ciamis memiliki tiga mobil Damkar. Peralatan Damkar belum bisa memenuhi standar lantaran harga dari alat pemadam kebakaran cukup mahal.

Petugas Damkar Ciamis di Lapngan Lokasana Ciamis. (foto: dena/wp)
Petugas Damkar Ciamis di Lapngan Lokasana Ciamis. (foto: dena/wp)

“Mobil Damkar kita ada tiga, tapi masih bisa ditangani karena di kita tidak ada kebakaran massal, kebakaran hutan. Kalau untuk alat minimal kita punya lima,” tuturnya.

Dalam mengatasi kendala tersebut, H. Iing akan membuat area atau zona untuk penempatan personil dan peralatan Damkar.

“Kita akan buat zona-zona, akan kita simpan satu-satu di daerah dan tempat berbeda agar di setiap kejadian kita bisa cepat tanggap,” pungkasnya.

Menurut data dari Tata Usaha Damkar Ciamis, jumlah petugas Damkar di Kabupaten Ciamis sebanyak 15 orang. Dengan rincian, satu orang kepala sub bagian, satu orang kepala unit pelaksana teknis daerah, tiga orang bagian administrasi, dan 10 orang di bagian teknis.

“Kalau menghitung luas Kabupaten Ciamis sangat kurang. Ke depan penambahan sudah direncanakan ada sembilan orang petugas Damkar baru. Sekarang dalam proses menunggu keputusan dinas terkait,” ucap Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Een Henarli, pada Warta Priangan. (Dena A. Kurnia/WP)

loading...
Berita lainnya
1 Comment
  1. Gus Rus says

    Di daerah Banjarsari dan sekitarnya, jika ada kebakaran selalu telat datangnya petugas pemadam itupun yang datang petugas dari daerah tetangga bukan dari Ciamis.

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.