Puluhan Aparat di Ciamis Dibina Pemutakhiran Data Desa

0 8

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Profil Desa di Aula Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat Rabu (22/03).

Sebanayk 55 orang perangkat desa dari wilayah Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Purwadadi, dan Kecamatan Lakbok  menjadi peserta dalam Bimtek tersebut. Kegiatan berlangsung hanya satu hari.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi lembaga desa atau perangkat desa agar dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis, Endang.

foto: baehaki/wp.
foto: baehaki/wp.

Endang mengatakan, desa  memiliki posisi penting dan strategis. Sebab desa merupakan basis penyelenggaraan pelayanan publik. Karena itu, jelas Endang, pemerintah desa perlu dikembangkan sesuai dengan kemajuan masyarakat desa dan lingkungannya. Sehingga, dapat menjalankan perannya secara efektif dan efesien.

“Dengan kata lain, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa  perlu diimbangi pula dengan pengembangan kapasitas pemerintahan desanya,” tuturnya.

Menurut Endang, kelemahan mendasar yang menyebabkan kurang berkembangnya potensi desa saat ini desebabkan oleh terbatasnya kapasitas aparatur yang mengelola pemerintahan desa.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan kualitas dan kapasitas pemerintahan desa semakin meningkat. Serta dapat memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya pembangunan desa secara efektif dan efesien,” pungkasnya. (Baehaki/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.