Ini Alasan PKL di Ciamis Beberapa Hari Tak Berjualan

0 28

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Selama beberapa hari ini lingkungan di sekitar Alun-alun Ciamis tidak terlihat pedagang kaki lima (PKL) berjualan. Suasana di pusat kota tersebut kini nampak lebih tertib dan bersih.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang, Tonton Guntari, para PKL tengah ditata.

“Mereka kita libatkan dalam rangka pelaksanaan penilaian kebersihan kota untuk adipura. Kita tertibkan dulu, karena biasanya semrawut. Mereka juga menghasilkan sampah yang membuat daerah pusat kota ini jadi kotor,” kata dia di Alun-alun Ciamis, Selasa (15/03) pagi.

Suasana Alun-Alun Ciamis yang bebas PKL. (foto: rizal nurdiana/wp)
Suasana Alun-Alun Ciamis yang bebas PKL. (foto: rizal nurdiana/wp)

Dia berharap PKL tidak berdagang di sekitaran Alun-alun Ciamis. Dan dari pantauan Warta Priangan di lapangan, PKL di sekitar daerah tersebut memang sudah beberapa hari ini mayoritas tidak berjualan.

“Harapan saya, sebagian masyarakat juga ada yang menginginkan tidak ada pedagang di Alun-alun Ciamis. Namun itu kan hubungannya dengan hidup orang. Jadi kita tidak bisa melarang mereka untuk berdagang sebelum adanya solusi,” beber Tonton.

Saat ini, lanjut dia, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memberikan beberapa solusi yang sifatnya sementara.

“Saya himbau PKL untuk tidak memakai tenda ketika berdagang, karena terlihat semrautnya kalau memakai tenda. Kecuali kalau hujan. PKL juga dilarang untuk memakai meja, lesehan saja semuanya,” imbuhnya.

Dikatakannya, di Kabupaten Ciamis ada 50 titik vital objek penilaian Adipura.

“Saya sekarang sedang konsentrasi di daerah Ciamis Kota. Kalau kotanya saja tidak bersih gimana daerah pedesaannya kan. Awali dengan kebersihan di Ciamis Kota,” tandasnya. (Rizal Nurdiana/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.