Siang Ini Kapal Buronan Internasional Akan Diledakkan di Pangandaran

0 10

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN.  Kapal laut Motor Vessel (MV) Viking siang ini akan diledakkan di Batu Mandi, Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat. Kapal ilegal ini termasuk salah satu kapal buronan interpol yang sudah diburu selama puluhan tahun. Rencananya, Pemerintah RI melalui Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, akan meledakkan kapal buronan internasional asal Norwegia tersebut siang ini, Senin (14/03).

Sejak pagi tadi, sekitar pukul 08.00, Menteri Susi sudah terlihat mengecek berbagai persiapan.

Butuh waktu yang cukup lama untuk menangkap kapal MV Viking berbobot 1.300 GT (grosston). Kapal penjahat yang dikenal aktif melakukan ilegal fishing ini memang tidak mudah dilacak. Selain sudah memahami traffic lautan, kapal yang diamankan Angkatan Laut RI pada februari lalu itu juga sudah 12 kali berganti nama. Namun berkat kerjasama berbagai pihak, terutama interpol, ILO IFC Singapura dan tentu saja pemerintah RI, MV Viking akhirnya berhasil dijaring.

“Kita sebagai negara maritim harus menjadi leader dalam pemberantasan ilegal fishing di dunia. Permasalahan ini harus dituntaskan secara bersama, karena ini merupakan kejahatan yang terorganisasi,” terang Menteri Susi kepada Warta Priangan, di sela-sela persiapan peledakan.

MV Viking  dibekuk KRI Sultan Thaha Saifuding-376 di perairan Utara Berakit, Kepulauan Riau,berangkat dari Jakarta dan tiba di Pangandaran kemarin, Minggu (13/04). Penenggelaman MV Viking akan disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran beserta masyarakat. (Syarif Hidayat/WP dan berbagai sumber)

 

 

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.