Ribuan Santri Ciamis Berebut Melihat Gerhana Matahari

16

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Gerhana matahari pun terjadi di langit Tatar Galuh ini, Rabu (09/03) pagi. Hal tersebut membuat penasaran ribuan santri Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Mereka melihat gerhana matahari itu dengan kaca mata khusus untuk melihat gerhana matahari.

“Ini adalah kacamata yang kita punya khusus untuk melihat gerhana matahari. Kacamata ini saya dapat dari acara pelatihan astronomi di Bandung,” jelas Zamzam, Dewan Guru Pondok Pesantren Darussalam Ciamis.

Namun, karena kaca mata khusus gerhana matahari itu hanya satu. Membuat santri Pondok Pesantren Darussalam Ciamis mencari cara lain untuk melihat gerhana matahari. Salah satu caranya melihat melalui cermin dan melalui air di baskom.

Slider
foto: rizal nurdiana/wp
foto: rizal nurdiana/wp

“Kami pakai segala cara saja supaya dapat melihat fenomena langka ini. Kita coba lihat dari cermin kaca dan cermin air. Gerhana matahari ini hanya terjadi beberapa menit. Kita bisa melihat lagi nanti puluhan bahkan ratusan tahun lagi,” tandas Imran, salah satu santri Pondok Pesantren Darussalam Ciamis.

Sebelumnya, mereka diberikan pengetahuan tentang gerhana matahari dengan memperlihatkan beberapa kejadian gerhana matahari di berbagai daerah di Indonesia.

“Event seperti ini kami gunakan untuk mengedukasi masyakat untuk mengenal astronomi dan sains,” jelas Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Dr. K.H. Fadlil Yani Ainusyamsi. (Rizal Nurdiana/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.