Siang Tadi Ratusan Siswa Unjuk Kebolehan di Ajang FLS2N

0 21

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD se-Kecamatan Pamarican, yang diikuti 36 SD, Kamis (03/03).

Menurut Koordinator Kegiatan, Titin, S.Pd, FLS2N merupakan program yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Tujuan dari FLS2N ini adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat di bidang seni, agar dapat meningkatkan skill dan kemampuan sesuai bakat yang dimilikinya.

“Dengan kegiatan FLS2N tingkat kecamatan ini, masing-masing anak dapat menggali apresiasi seni dan budaya bangsa, sesuai dengan bakat yang mereka miliki,” katanya.

Pada FLS2N, yang dilombakan adalah lomba menyanyi solo, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba membuat gambar bercerita, lomba seni kreasi baru, lomba lukis, lomba cipta puisi, lomba pantomim, lomba kriya anyam, lomba bermain piano, lomba membaca al-qur’an, lomba membatik, dan lomba baca puisi.

Dua siswa tengah memperlihatkan kebolehannya berpantomim. (foto: baehaki/wp)
Dua siswa tengah memperlihatkan kebolehannya berpantomim. (foto: baehaki/wp)

“Pemenang lomba se-kecamatan akan maju mewakili Kecamatan Pamarican di tingkat Kabupaten Ciamis. Selanjutnya, pemenang di kabupaten melaju ke tingkat provinsi lalu tingkat nasional. Jadi semua dilakukan berjenjang,” terangnya.

Kegiatan ini juga dalam rangka pembentukan sikap atau karakter yang penuh dengan kreativitas, rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antara sesama peserta didik, untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Festival ini dapat mereka gunankan untuk menunjukkan bakat masing-masing dan bersaing secara sehat. Kalah atau menang itu nomor sekian, yang terpenting mereka sudah berani untuk berkompetisi,” tegasnya.

Sementara Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Pamarican, Dedi Supriadi, S.Pd, M.Si menambahkan, dalam perlombaan ini bukan hanya mencari siapa yang menang ataupun kalah, tetapi yang lebih utama agar para siswa dapat mengembangkan bakat, potensi serta kreatifitas yang dimiliki, sehingga ke depannya nanti mereka mempunya bekal serta pengalaman dalam menempuh kehidupan ini kelak. (Baehaki/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.