RSUD Ciamis Over Kapasitas, Wajar Pelayanan Dikeluhkan

24

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pasien RSUD Ciamis, Kamis (03/03) membludak. Kondisi tersebut membuat pihak rumah sakit harus menggunakan brankar untuk merawat pasiennya.

Tentunya hal tersebut membuat RSUD Ciamis tak dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien. Kondisi tersebut kerap membuat masyarakat mengeluhkan pelayanan RSUD Ciamis. Ini dibenarkan oleh staf bagian pelayanan RSUD Ciamis, Heri dan H Dedi Wahyudi.

Saat ditemui Warta Priangan di ruang kerjanya, mereka membenarkan jika kapasitas RSUD Ciamis sudah tidak mampu manampung pasien yang datang ke rumah sakit pemerintah tersebut.

Suasana IGD RSUD Ciamis, Kamis (03/03). (foto: dena a kurnia/wp)
Suasana IGD RSUD Ciamis, Kamis (03/03). (foto: dena a kurnia/wp)
Slider

Menurut Hari, hari ini saja pasien yang masuk IGD berjumlah 40 orang. Padahal kapasitan IGD RSUD Ciamis hanya mampu menangpung 20 pasien. Akibatnya, banyak pasien dirawat dengan alat seadanya.

“Walaupun keadaan seperti ini kami akan berupaya mengutamakan pelayanan,” tegasnya.

Langkah lain yang dilakukan, menurut Hari adalah dengan menawarkan pada keluarga pasien untuk dirujuk ke rumah sakit lain. “Biasanya kita tawarkan untuk dirujuk ke rumah sakit lain karena memang ruang IGD dan rawat inap di kita sudah penuh,” lanjut Hari.

Sementara itu, Dede menjelaskan, pihak manajemen telah berupaya mengatasi permasalahan keterbatasan kapasitas RSUD Ciamis. “Rencana akan ada pembangunan fasilitas VIP ditambah dua lantai lagi”.

Selain itu, ruang kelas tiga direncanakan juga akan dibangun dua lantai di tahun 2016 ini. “Tentunya dengan penambahan gedung otomatis terjadi penambahan kapasitas tempat tidur,” jelas Dedi. (Dena A. Kurnia/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.