Danramil Ciamis Siap Tindak Tegas Penghuni Kos Bandel

20

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Kos-kosan di Ciamis semakin menjamur. Komandan Rayon Militer (Danramil) 1301 Ciamis, Mayor Infanteri Ikeu Masrika, menghawatirkan merebaknya penyakit masyarakat.

Kekhawatiran itu bukan tanpa alas an, karena setiap kali dilakukan razia kos-kosan yang berada di sekitaran Ciamis Kota selalu ada saja warga tidak jelas identitasnya dan pasangan bukan muhrim. Untuk menjaga merebaknya penyakit masyarakat tersebut, Mayor Infanteri Ikeu Masrika menekankan, pemilik kos harus meminta identitas kepada calon penghuni.

“Jika ada penghuni kosan tanpa identitas itu dilarang. Saya tekankan kepada pemilik kos, dilarang!” katanya,

Ia juga menghimbau kepada RT dan RW untuk berlaku tegas kepada warga yang membandel. “Jika tetap saja ada warga tanpa identitas ngekos, RT dan RW harus bisa tegas. Jika segan kita siap untuk mendampingi,” ucapnya.

Slider
Danramil 1301 Ciamis, Ikeu Masrika tengah memberikan penyuluhan kepada RT dan RW
Danramil 1301 Ciamis, Ikeu Masrika tengah memberikan penyuluhan kepada RT dan RW

Ia mengungkapkan, wewenang Koramil dalam hal ini hanya sebatas pendataan.

“Kita sifatnya pembinaan teritorial. Kita hanya mendata kosan, cukup yang punya kosan dengan kami (Koramil). Yang lebih punya wewenang untuk mendata warga dan bertindak tegas pada warga tanpa identitas adalah pemerintah setempat, RT dan RW,” ujarnya.

Koramil 1301 juga selalu memberikan penyuluhan kepada RT dan RW untuk mewajibkan lapor 24 jam.

“Saya himbau RT dan RW wajib lapor 24 jam itu harus ditekankan. Selain itu kita juga selalu ikut bekerja bakti dengan masyarakat membersihkan lingkungan,” pungkasnya. (Rizal Nurdiana/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.