Pilkades Ciamis: Ketua RW vs Incumbent di Imbanagara

0 39

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat akan dimulai sekira bulan Maret 2016. Desa-desa yang menjadi peserta Pilkades Ciamis sudah membuka pendaftaran bagi bakal calon (Balon) kepala desa sejak 19 Januari 2016.

Di Desa Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis sudah ada dua orang pendaftar. Satu orang incumbent, Tarwan Ruhyawan asal Dusun Majalaya Desa Imbanagara Raya dan satu orang yang lainnya adalah Ketua RW 05 Dusun Majalaya Desa Imbanagara Raya, Mansyur Suryaman.

“Sebenarnya ada empat orang sudah mengambil blanko pendaftaran. Tapi, dua orang yang sudah mengembalikan blanko dan dinyatakan lengkap persyaratan administrasi,” jelas Ketua Panitia Pilkades Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, H. Wawan Setiawan, Kamis (21/01) di Kantor Desa.

Sementara itu, untuk penutupan pendaftaran Balon tanggal 01 Februari 2016. Dua Balon yang sudah mendaftar tersebut akan melalui tahap tes kelengkapan administrasi dan tes pengetahuan pada tanggal 10 sampai 16 Februari 2016.

“Sampai saat ini kami juga sudah mendata, ada sekitar 4.500 daftar pemilih sementara. Ini masih kita sosialisasikan,” lanjut H. Wawan. Ia mengatakan, minat masyarakat untuk memilih akan lebih besar dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Dulu hanya 60 persen dari keseluruhan pemilih yang datang memilih. Sekarang akan lebih banyak pemilih karena persyaratan lebih mudah dan lebih ramai dibicarakan,” jelasnya.

Desa Imbanagara Raya sendiri mempunyai empat dusun, Dusun Majalaya, Dusun Warungkulon, Dusun Sulasari, dan Dusun Sela Awi. Dari ke empat dusun tersebut akan dibagi menjadi lima tempat pemungutan suara (TPS). “Untuk biaya penyelenggaraan kami sudah mengajukan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis sebesar Rp 36 juta,” kata Wawan. (Rizal Nurdiana/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.