Pagi Tadi Kapolres Buat Ribuan Santri Ciamis Menangis

0 10

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Minggu (17/01) pukul 10.00 WIB, digelar acara Tadzkirah Kebangsaan oleh Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Center, Jalan Iwa Kusumasumantri Ciamis.

Kapolres Ciamis, AKBP Arif Rachmman, S.IK., MTPC., menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut. Ia memberi pesan kepada ribuan santri untuk membaca. Sesuai perintah Allah SWT., dalam surat Al ‘Alaq.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan. Ayat tersebut merupakan ayat dari surat Al ‘Alaq yang merupakan surat pertama yang diturunkan kepada Muhammad SAW,” ujarnya.

“Apa yang terjadi di alam mari kita baca. Berjalanlah kalian di muka bumi ini dengan mata terbuka dan bacalah supaya kalian berilmu. Dan ikatlah ilmu kalian dengan tulisan,” lanjutnya.

foto: rizal/wp
foto: rizal/wp

Pesan selanjutnya yang disampaikan Arif untuk para santri adalah tentang kebersihan. “Kebersihan merupakan sebagian daripada iman. Kalian membuang satu sampah plastik pada tempatnya berarti sudah berusaha untuk tetap menegakkan iman kalian pada Allah SWT.,” bebernya.

Terakhir dalam ceramahnya, Arif memberikan suatu cerita dan sajian video tentang detik-detik menjelang kematian Nabi Muhammad SAW. Dalam momen ini para santri tidak bisa menahan haru hingga mereka mencucurkan air mata.

Iwan (14), santri Al Huda Turalak tidak henti-hentinya menangis sampai berakhirnya acara. Ia mengaku baru pertamakali mendengar cerita dengan visualisasi, suara, dan gerak.

“Cerita dari Kepala Polisinya (Kapolres Ciamis, AKBP Arif Rachman, S.IK., MTPC) sangat sedih. Video dan musiknya juga bikin saya terharu,” ucapnya. (Rizal Nurdiana/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.