April Nanti, Ribuan Polisi Siap Amankan Ciamis

0 8

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sebanyak 76 desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, pada April 2016 nanti. Karena demikian, Polisi Resor (Polres) Ciamis sudah mensiagakan pasukan sejak saat ini.

Hal itu dilakukan demi kondusifitas daerah, baik pra maupun pasca Pilkades serentak 2016. Mulai dari Rabu (13/01) kemarin, digelar latihan Kontijensi Polres Ciamis dengan Brimob Polda Jabar di Alun-Alun Ciamis.

“Kita juga sudah koordinasikan setiap Babinsa (Bintara pembina desa) dan Babinmas (Badan pembinaan masyarakat) untuk selalu berkoordinasi dengan Pancalapdes,” ujar Kabag Ops Polres Ciamis, Kompol Sutisna.

Jajaran Polres Ciamis gelar persiapan pengamanan pilkades serentak di Ciamis. (Foto: Rizal/WP)
Jajaran Polres Ciamis gelar persiapan pengamanan pilkades serentak di Ciamis. (Foto: Rizal/WP)

Menurutnya, beberapa perwira juga akan segara diturunkan secara langsung mengamankan jalannya Pilkades Serentak 2016. “Sebanyak 17 Kapolsek dibantu perwira dari Polres Ciamis sebanyak delapan orang. Secara langsung kita turunkan,” lanjut Kompol Sutisna.

Ditambahkannya, pada hari pelaksanaannya nanti, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dijaga oleh dua anggota kepolisian dan empat anggota linmas.

Namun, Kompol Sutisna juga mengatakan, sampai saat ini Polres Ciamis belum bisa memprediksikan desa mana yang menjadi titik rawan konflik. “Kita terus lakukan deteksi dari staf Intelkam sebanyak 27 personil. Kita memberi perhatian lebih pada desa dengan jumlah penduduk tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Endang Sutisna, mengungkapkan, Pilkades serentak 2016 akan menelan biaya sebesar Rp 4 miliar. (Rizal/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.