Dalam Sepekan Delapan Warga Garut Terserang DBD

26

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, DBD (Demam Berdarah Dengue) telah menyerang delapan warga di dua kecamatan. Empat kasus di Kecamatan Tarogong Kidul dan empat orang lainya di wilayah Kecamatan Banyuresmi.

Menurut Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Tatang Wahyudin. Sejak tanggal 5 hingga 11 Januari DBD telah menyerang delapan oarang warga masyarakat Kecamatan Tarogong Kidul dan Banyuresmi.

Sementara ke delapan orang warga yang terserang DBD kini masih dalam perawatan di dua Puskesmas, Tatang menjelaskan, dari pengalaman setiap tahunnya, kasus DBD kerap bermunculan di awal dan akhir tahun.

Slider

Di 2015 sebelumnya, kasus DBD marak terjadi pada Januari hingga Maret. “Di pertengahan tahun 2015 itu, kasus DBD menurun. Namun kembali meningkat pada akhir tahun,” ujarnya.

Dia memaparkan, besarnya kemungkinan warga terserang DBD pada setiap awal tahun disebabkan karena tingginya curah hujan. Ia pun meminta masyarakat di sejumlah wilayah Garut untuk menjaga lingkungan dengan pola hidup bersih.

“Sekarang curah hujan tinggi. Masyarakat harus membiasakan diri hidup bersih, jangan sampai ada genangan-genangan air. Karena di setiap genangan bisa menjadi sarang nyamuk,” ucapnya.

“Jumlah kasus DBD di 2015 turun bila dibandingkan dengan 2014 sebelumnya. Pada 2015, DBD tercatat sebanyak 336 kasus. Sementara 2014, jumlah DBD mencapai 435 kasus,” sambungnya. (Yayat R/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.