Tahun Ini Pemkab Ciamis Bangun Lima Puskesmas Rawat Inap, Ini Lokasinya….

46

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Kesehatan merupakan salah satu modal untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Demi memudahkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di setiap kecamatan. Pemerintah Daerah, Kabupaten Ciamis, terus membangun Puskesmas rawat inap.

“Peningkatan Puskesmas dilakukan sejak tahun 2014. Sampai akhir 2015 sudah ada empat Puskesmas yang statusnya menjadi rawat inap,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis drg. Engkan pada Warta Priangan, pekan lalu.

Selanjutnya, ia menyebutkan, pada tahun 2016 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menargetkan lima kecamatan yang kualitas Puskesmasnya ditingkatkan menjadi rawat inap. Diantaranya, Kecamatan Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Rajadesa, Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Cidolog. “Semua sumber dananya dari DAK (Dana Alokasi Khusus),” tutur Engkan.

Slider

Ia juga mengungkapkan, Kabupaten Ciamis mempunyai visi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Sehingga selama lima tahun, sejak tahun 2014-2019, sedikitnya membangun 10 Puskesmas rawat inap.

“Tahun 2016-2017 kita (Kabupaten Ciamis) sudah punya sembilan Puskesmas rawat inap. 2018 kita sudah punya 10 dan semuanya sudah berfungsi dengan alat-alatnya yang memadai,” ungkap Engkan.

Ditambahkannya, setelah membangun sarana dan prasarana Puskesmas rawat inap, selanjutnya akan mengupayakan untuk melengkapi sumber daya manusia (SDM).

“Sumber daya dokter, perawat. Tahun 2016 ini rencananya mau dibuka tenaga kesehatan (lowongan kerja/CPNS). Untuk memenuhi puskesmas-puskesmas yang sudah rawat inap,” tukasnya. (Rizal/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.