Ratusan Warga Nasol Ciamis Terancam Bencana Alam

20

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Salah satu daerah di Kabupaten Ciamis yang rawan bencana alam adalah Desa Nasol Kecamatan Cikoneng. Daerahnya yang berada di kaki Gunung Syawal membuat bencana kerap melanda di daerah tersebut baik musim hujan ataupun kemarau.

“Di Desa Nasol ini bencana datangnya tidak mengenal musim. Kalau sedang kemarau tanah menjadi retak-retak dan bergeser. Sedangkan kalau sedang hujan seperti sekarang rawan sekali longsor,” jelas Kaur Kesra Desa Nasol Kecamatan Cikoneng, Lili Rohili, Kamis (07/01) siang.

Dari 10 Dusun yang ada di Desa Nasol, ada dua dusun yang sangat rawan bencana alam, Dusun Desa dan Dusun Batumalang. Sekitar 700 jiwa warga kedua dusun tersebut sedang terancam jiwanya.

“Dusun Desa ada 400 jiwa dan Dusun Batumalang kurang lebih ada 300 jiwa. Setiap musim hujan atau pun kemarau selalu saja terancam bencana,” tutur Lili.

Slider

Pemerintah Desa Nasol selalu berupaya untuk mengantisipasi segala bencana yang mungkin datang dan mengancam warganya. Warga pun dihimbau untuk bisa menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon.

“Karena daerahnya pegunungan, tanahnya mudah longsor kalau tidak ditanami pepohonan. Kita larang penduduk untuk menebang pohon yang ada di tanah miring,” ucap Lili.

Lili juga mengatakan, antisipasi yang dilakukan masyarakat dan Pemerintah Desa Nasol berbuah manis. Karena sampai saat ini, tidak ada bencana alam yang memakan korban jiwa.

“Semoga tidak ada bencana alam yang besar. Meski kita ada di daerah rawan bencana,” harapnya. (Rizal Nurdiana/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.