Nelayan Desak Dermaga Pantai Santolo Segera Dikeruk

0 8

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Sejumlah nelayan di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut meminta pemerintah untuk membenahi dermaga di Pantai Santolo. Saat ini para nelayan sulit untuk keluar karena dangkalnya dermaga.

‪Ujang Rohman (43), salah seorang nelayan mengaku kesulitan untuk mengeluarkan perahu. Para nelayan terpaksa harus mendorong perahu untuk keluar dari dermaga.

‪”Katanya dermaga mau dikeruk biar tidak dangkal. Tapi sampai sekarang belum dilaksanakan. Padahal sangat menyulitkan kami sebagai nelayan,” kata Ujang, Kamis (7/1).

‪Menurut Ujang, keberadaan dermaga sangat penting. Selain sebagai lalu lintas perahu, dermaga juga digunakan untuk menyimpan perahu.
‪”Kalau sudah pulang melaut bawaan kami kan lumayan berat. Saat mau masuk dermaga harus mendorong perahu lumayan juga. Jadi semoga saja cepat ada tindakan,” ujarnya.

‪Kepala Satpolair Polres Garut, AKP Tri Andri juga meminta agar pemerintah bisa segera mengeruk dermaga Pantai Santolo. Kapal patroli milik Satpolair yang disimpan di dermaga kesulitan untuk keluar masuk dermaga.

‪”Saat air surut kapal tak bisa keluar. Padahal kami harus melakukan patroli. Ditambah saat situasi ramai kami harus berjaga tapi kapal sulit keluar dermaga,” kata Tri.

‪Tri meminta kepada Pemprov Jabar untuk bisa mengeruk lokasi dermaga agar tak dangkal. Bahkan Tri telah beberapa kali mengajukan saran ke Dinas Perikanan Jabar.

‪”Jika kondisi darurat seperti ada yang tenggelam kapal sulit keluar. Akhirnya kami memilih menyimpan kapal di tengah laut,” ucapnya.
‪Menyimpan kapal di tengah laut, lanjut Tri, bukan tanpa resiko. Ia harus menyiagakan anggota di dalam kapal. Namun saat ombak besar, bisa jadi kapal terbawa arus dan membahayakan petugas.

‪”Ombak di selatan ini memang terkenal besar karena berhadapan dengan laut lepas. Kalau kapal cuma pakai jangkar bisa lepas. Beda seperti di dermaga yang bisa diikat,” ujarnya. (Jalaludin/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.