Program Nasional ProKlim Siap Diaplikasikan di Ciamis

0 31

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Program tersebut dikelola dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

“Ketika luas hutan semakin berkurang, tergerus oleh semakin meningkatnya ruang yang dibutuhkan aktivitas manusia. Sedangkan fungsi hutan yang berisikan berbagai jenis pepohonan, menjalankan fungsinya menyerap air hujan dan secara perlahan akan melepaskannya selama musim kemarau,” ujar Ketua FPLKKP Ciamis, Joni Raupa.

Terkait dengan hal itu, Forum Peduli Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan (FPLKKP) Ciamis sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang tersebut menunjukan kekhawatirannya dengan gencar memsosialisasikan Gerakan Nasional ProKlim ke berbagai Desa di Kabupaten Ciamis.

“Ciamis sendiri adalah Kabupaten yang memiliki luas hutan yang cukup luas dan subur. Akan tetapi, hal itulah yang membuat saya takut karena faktanya hutan-hutan di Ciamis sudah mulai rusak dan mulai tidak terpakai fungsinya,” ujar Joni Raupa.

Lebih lanjut, Joni menambahkan, sebuah bentuk kepedulian seluruh elemen masyarakat untuk mempertahankan keberadaan hutan sebagai upaya menekan turunnya Gas Rumah Kaca (GRK) yang kini membuat buruknya iklim harus dilakukan secara sinergi mulai dari hulu sampai hilir.

“Diharapkan, kegiatan yang pernah kami lakukan dengan masyarakat tidak hanya menjadi kegiatan yang sifatnya seremonial. Melainkan akan menjadi awal terbentuknya sebuah komitmen bersama untuk saling menjaga dan melestarikan hutan sehingga kontur iklim masih dapat terjaga.” Tambahnya.

(Helmi Razu Noviansyah/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.