BMKG Minta Warga Cek Genteng Rumah dan Pemotor Waspada!

0 9

wartapriangan.com, BERITA NASIONAL. Angin kencang dirasakan di Jakarta, Bali, NTB, hingga NTT sejak Sabtu (27/1) kemarin. BMKG mengimbau masyarakat mengecek genteng rumah dan mewaspadai pohon tumbang.

“Sisi pengecekan bangunan yang non permanen atau semi permanen yang atapnya jerami atau apa. Kalau semi permanen atapnya tidak kokoh maka perlu dicek untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Humas BMKG, Hary Djatmiko, ketika dihubungi detikcom, Senin (29/1/2018).

Menurut Hary, angin kencang bisa membuat atap rumah terangkat atau bahkan terbang. Kecepatan angin juga bisa mencapai 20 knot atau setar 36 km/jam.

Kepada pengendara motor, Hary mengimbau untuk hati-hati terutama saat melintasi di jembatan. Bagi pemotor yang suka melintas di jembatan Suramadu harus ekstra waspada karena jembatan itu sangat panjang dan berhadapan langsung dengan laut.

“Kecepatan angin tertentu sekitar 20 knot atau setara 36 km/jam, jadi di atas itu biasanya dibuka-tutup, jadi situasional,” ungkapnya.

Ia mengatakan masyarakat juga harus mewaspadai reklame atau pohon tumbang. Serta untuk nelayan waspadai gelombang tinggi di atas 2,5 m.

“Jadi kalau angin yang relatif seperti ini, hembusannya dari pagi sampai malam, masyarakat tidak perlu panik tapi perlu waspada. Waspada terkait dengan pohon tumbang dan papan reklame, karena anginnya di beberapa wilayah relatif sangat kencang,” ujarnya.

Sumber: detik.com

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.