Inilah Cara PGRI Pamarican Kenalkan Guru pada Olah Raga Tradisional

0 5

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ratusan guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK, diwilayah Kecamatan Pamarican, yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ranting Pamarican, mengikuti kegitan perlomba olah raga tradisional (Otrad), Selasa (21/11/2017), yang bertempat di Lapang Sepak Bola, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Kegiatan lomba olah raga tradisional meliputi 5 jenis permainan, yaitu lomba permainan egrang, lomba permainan sandal bakiyak, lomba permainan gobag sodor, lomba permainan sumpitan dan lomba permainan dogongan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua Pelaksana Kegiatan, Nanag Sukmana, S.Pd., menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya perlombaan olah raga tradisional (Otrad) ini, adalah untuk tetap melestarikan budaya bangsa, yang mana permainan seperti ini merupakan permainan tradisional asli rakyat Indonesia. Serta dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), ke-72 dan Hari Guru nasional (HGN) Tahun 2017.

Selain itu, lanjut Nanang, kegiatan perlombaan olah raga tradisional (Otrad) ini, diikuti oleh kalangan tenaga pendidik dilingkungan PGRI Ranting Pamarican ini, adalah sebagai wahana memperkenalkan guru terhadap jenis-jenis permainan olah raga tradisional yang ada di Indonesia.

Selain itu kegiatan ini sebagai wahana serta seleksai pencarian tim altit olah raga tadisional diwilayah Kecamatan Pamarican, yang nantinya akan diberangkatkan ke Tingkat Kabupaten Ciamis, untuk mengikuti perlombaan olah raga tradisional (Otrad).

Terpisah, Ketua PGRI Ranting Pamarican, mengungkapkan bahwa perlombaan olah raga tradisional (Otrad) ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PGRI Ke-72 Tahun 2017, ajang pencarian bibit atlit Otrad dikalangan Tenaga Pendidik, pengenalan jenis-jensi permainan olah raga tradisional, kegiatan ini juga sebagai wahana untuk menjaga ciri khas budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Sutoyo, mengatakan perlombaan tersebut diikuti oleh peserta dari kalangan Tenaga Pendidik, yang tergabung dalam wadah organisasi PGRI, berasal dari utusan Ranting PGRI, diwilayah Kecamatan Pamarican. Selain memperlombakan kegiatan olah raga tradisional (Otrad) pihak panitia juga mengadakan kegiatan Jalan Santai, yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (22/11/2017).

Sutoyo, berharap ajang perlombaan permainaan olah raga tradisional (Otrad) yang diikuti oleh para tenaga pendidik tersebut, diharapkan menjadi ajang silaturahmi antar anggota PGRI Ranting Kecamatan Pamarican. Serta pencarian bibit atlit olah raga tadisional (Otrad) dikalangan para teraga pendidik. Harapnya (Baehaki Efendi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.