Serem, Operasi di Rumah Sakit Ciamis Ini Disinyalir Tidak Memenuhi Standar Layanan

0 2

wartapriangan.com, SURAT PEMBACA. Tulisan ini saya buat setelah mendapat informasi dari beberapa orang tenaga medis yang tanpa sengaja saya dengar. Sebetulnya kejadiannya sudah beberapa hari lalu, tadinya saya tidak mau ambil pusing. Tapi perbincangan para tenaga medis itu terus terngiang. Dan saya fikir, bahaya juga jika apa yang diperbincangkan oleh mereka ternyata benar.

Dalam perbincangan tersebut, beberapa tenaga medis bercerita tentang layanan sebuah rumah sakit swasta di Ciamis yang tidak memenuhi standar dan ketentuan yang seharusnya. Layanan yang dimaksud di sini terutama yang terkait dengan tindakan operasi sesar. Menurut mereka, seharusnya tim personalia pelaksana operasi itu terdiri dari beberapa dokter ahli, salah satunya dokter anak. Namun di rumah sakit swasta di Ciamis ini, tidak melibatkan dokter anak.

Saya tadinya tidak mau ambil pusing. Tapi khawatir perbincangan mereka benar, saya kira saya harus berbuat semampu saya. Akhirnya saya memutuskan untuk menceritakkan ini pada teman saya yang kerja sebagai wartawan di Warta Priangan. Mudah-mudahan kekhawatiran saya ini tidak benar, dan pihak-pihak terkait bisa mengecek apakah desas-desus tersebut benar atau tidak. Jika tidak, alhamdulillah. Tapi jika benar, mohon sekali segera ditindak. Kalau tidak sanggup melayani dengan ketentuan sesuai standar, lebih baik jangan memaksakan. Kasihan nanti masyarakat yang jadi korban. (Reza Fajrin/WP)

Seperti diceritakan EN kepada Reza Fajrin, reporter Warta Priangan, Selasa (14/11/2017). Identitas EN ada pada redaksi.

***

Warta Priangan kemudian melakukan penelusuran informasi, namun belum berhasil menemukan dasar hukum atau ketentuan standar prosedur operasi sesar yang menyatakan dalam tim operasi harus ada dokter anak. Namun demikian, ada beberapa materi konten website yang menyatakan demikian. Misalnya sebuah artikel di website Klik Bayi, yang menyatakan setidaknya ada tiga dokter ahli yang harus dilibatkan dalam operasi sesar, yakni dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dokter Spesialis Anestesi dan dokter Spesialis Anak.

Redaksi Warta Priangan sudah menugaskan reporternya untuk segera mendalami informasi ini, termasuk melakukan konfirmasi ke rumah sakit terkait dan beberapa narasumber yang berkompeten, hari Rabu besok (14/111/2017). Kita tunggu informasi selanjutnya.

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.