Tak Lama Lagi, Semua Kartu SIM Handphone Bakal Diganti

0 3

wartapriangan.com, TEKNOTO. Pascariuh tentang registrasi ulang nomor handphone, boleh jadi dalam waktu yang relatif dekat, giliran kartu SIM yang akan jadi buah bibir. Kartu yang memuat nomor handphone ini kemungkinan akan kembali mengalami metamorfosis. Produk terbarunya bernama eSIM.

Mungkin tanpa disadari, kartu SIM sebenarnya sudah mengalami setidaknya tiga kali perubahan. Awalnya, kartu nomor handphone ini berukuran besar, sebesar kartu ATM, persis ukuran kemasan kartu SIM sekarang, tapi tanpa dipotong. Jadi sebesar kartu nama itulah, dimasukkan ke dalam handphone. Generasi kartu sebesar ini digunakan pada awal tahun 1990-an.

Beberapa tahun kemudian, kartu SIM mengalami perubahan yang pertama. Kemasan penjualannya masih bertahan sebesar kartu ATM, tapi kartunya sendiri menjadi kecil dan berbentuk chip. Bentuk kecil tersebut bertahan dalam waktu yang cukup lama. Belakangan ini, produk-produk handphone terbaru mulai menerapkan kartu SIM ukuran micro, lebih kecil dari sebelumnya. Selepas micro, di tahun 2012 ukuran kartu SIM handphone kembali mengecil menjadi ukuran nano.

Nah, hari ini sebenarnya sudah muncul bentuk SIM yang baru, namanya eSIM, tapi masih digunakan pada produk yang sangat terbatas. Setidaknya sudah ada dua gadget yang mengadopsi eSIM, yakni ponsel pintar bernama Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Dua ponsel cerdas ini sudah menggunakan eSIM.

eSIM merupakan kepanjangan dari embedded Subscriber Identity Module, atau dalam terjemahan bebas bisa diartikan sebagai kartu SIM yang tertanam. Ya, betul, eSIM ini sifatnya ditanam, tidak bisa dibuka-pasang seperti umumnya SIM saat ini. Bentuk kartu SIM terbaru ini kembali memperkecil tubuhnya. eSIM hanya berukuran 5mm x 5mm.

Sebenarnya, meski dalam versi telepon genggam Pixel menjadi pelopor, eSIM sudah lebih dulu digunakan oleh jam tangan pintar besutan Apple.

Sebagaimana dilansir dalam detikInet, kabarnya manajemen dua operator seluler di Indonesia sudah mulai merespon kehadiran eSIM. Mereka adalah Telkomsel dan XL. Biasanya, kalau semakin hari semakin banyak pabrik handphone yang memproduksi produknya dengan slot eSIM, mau tak mau operator seluler pun harus mengikuti.

Apakah penggantian SIM menjadi eSIM akan seriuh registrasi ulang nomor handphone? Lalu, apakah nanti kita jadi sulit ganti nomor karena eSIM sifatnya tertanam? Kita tunggu saja. (IM/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.